PROPOSAL USAHA
KEWIRAUSAHAAN USAHA KEBAB BUAH-BUAHAN
Disusun
oleh kelompok 4
Terdiri
dari :
Ø Florens Rotua
Sitinjak (43213564)
Ø Meianawati Fitri (45213403)
Ø Muhammad Raynaldi (46213076)
Ø Karinia (44213775)
Ø Rika Mandasari (49213894)
UNIVERSITAS GUNADARMA
2013/2014
KATA PENGANTAR
Puji dan
syukur kami panjatkan kepada Allah SWT karena atas rahmat dan keridoannya,kami
bisa membuat suatu gagasan usaha yang Insya Allah akan bermanfaat bagi kami
sebagai pemilik usaha, investor, dan umumnya masyarakat.
Ayo Icip yaitu nama yang kami buat
untuk kegiatan usaha ini,yang begerak di bidang produksi kebab buah
buahan.Dalam penulisan tugas proposal ini kami masih merasa banyak kekurangan
baik pada teknis maupun materi,mengingat akan kemampuan yang kami miliki untuk
itu kritik dan saran dari semua pihak sangat kami harapkan demi penyempurnaan
pembuatan proposal ini.
Harapan
kami semoga proposal ini dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan fikiran
bagi pihak yang membutuhkan khususnya bagi kami sehingga tujuan yang diharapkan
dapat tercapai.
i
DAFTAR ISI
Kata Pengantar ……………………………………………………. i
Daftar Isi
…………………………………………………………… ii
BAB I PENDAHULUAN ………………………………………… 1
1.1
Latar Belakang ……………………………………………………………… 1
1.2
Visi dan Misi………………………………………………………………… 1
1.3
Motto ……………………………………………………………………….. 1
1.4
Data Perusahaan ……………………………………………………………. 2
1.5
Data Pribadi Karyawan …………………………………………………….. 3
BAB II ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN ……………. 4
2.1 Produk pasar dan pemasaran ……………………………………………….. 4
2.2 Bauran Pemasaran ………………………………………………………….. 5
2.3 Analisa SWOT ………………………………………………………………. 5
2.5 Place
BAB III ANALISIS PRODUKSI
3.1 Bahan baku
3.2 Proses Pembuatan
3.3 Kapasitas Produksi
BAB IV ANALISIS SDM
4.1 Struktur organisasi
4.2 Analisis kompetensi SDM
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Ayo Icip!!! Dibuat oleh 5 orang mahasiswa
Gunadarma yang akan menguasai kuliner Indonesia. Ayo Icip!!! Perusahaan
dibidang kuliner yang berdiri pada tahun 2014. Dengan lokasi tempat
Margonda-Kelapa dua. Ayo Icip!!!Menyajikan kebab berisi buah buahan yang
bergizi dan menyehatkan , selain itu harga yang terjangkau bagi kantong
mahasiswa. Uniknya lagi, walaupun isi kebabnya buah buahan seperti
Apel,Strawberry,Mangga tapi topingnya tetap coklat,keju,susu dan lainnya yang sesuai selera dan tetap
dibalut kulit kebab.
1.2
Visi dan Misi
Visi
menjadikan
perusahaan AYO ICIP menjadi perusahaan yang paling berpengalaman paling cepat
melayani,jujur dan yang terbaik di Indonesia
Misi
1.membuat
makanan tinggi kolestrol menjadi rendah kolestrol
2.berinovasi
baik dalam produk maupun cara penjualan
3.mampu bersaing
dengan perusahaan yang lebih dahulu berdiri
4.menciptakan
cita rasa yang baru,higienis dan bergizi
1.3 Motto
Sekali
icip langsung NAGIH !!!!
1.4 Data Perusahaan
Nama
Perusahaan
|
PT. AYO ICIP
|
Bidang Usaha
|
Makanan
|
Jenis Produk
atau Jasa
|
Kebab Buah
|
Alamat
Perusahaan
|
Jl. Kenari
No166
Rt04/Rw06
Beji
Depok, Jawa
Barat
|
Nomor Telepon
|
021-7520661
|
Alamat
Email,Twitter,Facebook
|
|
Mulai Berdiri
|
Sejak tahun
2014
|
1.6
Data Pribadi Karywan
Nama
|
Floren Rotua sitinjak
|
Tempat ,
tanggal lahir
|
Jakarta, 16 Januari 1995
|
Jenis kelamin
|
Perempuan
|
Agama
|
Kristen
|
Status
|
Belum Kawin
|
Alamat
|
Jl. Ciracas no.44
|
Nomer telp
|
081298293496
|
Jabatan
|
CEO
|
Nama
|
Meianawati Fitri
|
Tempat
,tanggal lahir
|
Jakarta, 23 oktober 1995
|
Jenis kelamin
|
Perempuan
|
Agama
|
Islam
|
Status
|
Belum Kawin
|
Alamat
|
Jl.RAYA BOGOR NO 64
|
Nomer telp
|
085371567331
|
Jabatan
|
Manager
Marketing
|
2
Nama
|
Rika
Mandasari
|
Tempat
,tanggal lahir
|
Bekasi,7
januari 1992
|
Jenis kelamin
|
Perempuan
|
Agama
|
Islam
|
Status
|
Belum Kawin
|
Alamat
|
Jl.assafiyah
Cilangkap,Jakarta
Timur
|
Nomer telp
|
081287398865
|
Jabatan
|
Manager
Produksi
|
Nama
|
Muhammad Raynaldi
|
Tempat
,tanggal lahir
|
Jakarta,18 maret 1995
|
Jenis kelamin
|
Laki-laki
|
Agama
|
Islam
|
Status
|
Belum Kawin
|
Alamat
|
Pci Block C 8
No 23
|
Nomer telp
|
081906029258
|
Jabatan
|
Manager
Produksi
|
Nama
|
Karinia
|
Tempat
,tanggal lahir
|
Jakarta ,7
april 1994
|
Jenis kelamin
|
Perempuan
|
Agama
|
Islam
|
Status
|
Belum Kawin
|
Alamat
|
Perm . pondok
bambu kuning
Block Delta
nomer 5
|
Nomer telp
|
089698473719
|
Jabatan
|
General
Manager
|
1
BAB II
ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
2.1 Produk Pasar dan Pemasaran
Kebab buah
4
2.2
Analisis 4P
Produk : Kebab.Price : Rp 10.000/small
RP 15.000/large
Promosi : Kami mempromosikan produk kami dari mulut ke mulut .
Place : Kisaran kelapa dua – Margonda .
5
FAKTOR INTERNAL
FAKTOR
EKSTERNAL
|
STRENGTH(S)
·
Pembuatan
yang terbilang mudah.
·
Aman dan
bergizi untuk dikonsumsi,karna menggunakan buah-buahan.
|
WEAKNESS(W)
·
Sulit mencari customer yang menyukai
buah-buahan.
·
Tidak bisa disimpan dalam jangka waktu yang
lama.
|
OPPORTUNITY(O)
·
Minat konsumen yang tinggi.
·
Tidak banyak orang yang menjual kebab buah.
|
SO
·
Meningkatkan pemasaran dalam bidang kuliner.
·
Biaya untuk membeli kebab buah cukup
terjangkau.
|
WO
·
Memperjelas
job deskripsi tiap karyawan.
·
Menumbuhkan
rasa kepemilikan dan bangga pada karyawan.
|
THREATH(T)
·
Buah tidak tahan lama.
·
Banyak pesaing.
|
ST
·
Membentuk
kekeluargaan antar sesama.
·
Membina
hubungan dengan konsumen dan mengikat dengan kegiatan yang telah terstruktur.
|
WT
·
Menciptakan
cita rasa yang baru sehingga konsumen tidak bosan dan lebih tertarik.
|
6
2.4 Target
Segmentasi Pasar
1. Segmentasi Geografis
Pada segmentasi geografis, pasar dibagi menurut
tempat. Teori dalam strategi ini adalah bahwa orang yang tinggal di daerah yang
sama memiliki kebutuhan dan keinginan yang serupa, dan bahwa kebutuhan dan
keinginan ini berbeda dari kebutuhan dan keinginan orang-orang yang tinggal di
daerah-daerah lain. Sebagai contoh, penjualan produk makanan tertentu dan/atau
bermacam-macam makanan lebih baik di satu daerah daripada di berbagai daerah
lain. Misalnya, nasi gudeg penjualan paling baik di Yogyakarta, sate ayam
penjualan paling baik di Madura, buah apel penjualan paling baik di Malang,
dll.
Segmentasi geografis merupakan strategi yang berguna bagi banyak pelaku pemasaran. Menemukan berbagai perbedaan berdasarkan geografis relative mudah untuk berbagai produk. Di samping itu, segmen-segmen geografis dapat dicapai dengan mudah melalui media local, yang mencakup surat kabar, TV, radio, dan majalah.
Segmentasi geografis merupakan strategi yang berguna bagi banyak pelaku pemasaran. Menemukan berbagai perbedaan berdasarkan geografis relative mudah untuk berbagai produk. Di samping itu, segmen-segmen geografis dapat dicapai dengan mudah melalui media local, yang mencakup surat kabar, TV, radio, dan majalah.
2. Segmentasi Demografis
Karakteristik
demografis yang paling sering digunakan sebagai dasar untuk segmentasi pasar
antara lain:
- Usia,
- Gender (jenis kelamin),
- Status perkawinan,
- Pendapatan, pendidikan, dan pekerjaan, dsb.
Demografis membantu menemukan pasar target atau
sasaran. Informasi demografis merupakan cara yang paling efektif dari segi
biaya dan paling mudah diperoleh untuk mengenali target. Data-data demografis
lebih mudah diukur daripada berbagai variabel segmentasi lain. Berbagai
variabel denografis mengungkapkan kecenderungan yang memberikan isyarat
berbagai peluang bisnis, seperti pergeseran usia, jenis kelamin, dan distribusi
penghasilan.
3.
Segmentasi
Psikologis
Karakteristik
psikologis merujuk ke sifat-sifat diri atau hakiki konsumen perorangan.
Strategi segmentasi konsumen sering didasarkan pada berbagai variabel
psikologis khusus. Misalnya, para konsumen dapat dibagi menurut motivasi,
kepribadian, persepsi, pengetahuan, dan sikap. Dari ketiga segmentasi di atas, perusahaan kami menggunakan
segmentasi geografis karena dilakukan penjualan di sekitar kampus Universitas
Gunadarma, pada segmentasi demografis, perusahaan kami menjual pada usia
sekitar 10 tahun ke atas yang dapat dikonsumsi oleh semua kalangan, sedangkan
pada segmentasi psikologis, perusahaan kami memberikan motivasi untuk konsumen
agar mengkonsumsi makanan yang lezat namun bergizi.
BAB
III
ANALISIS
PRODUKSI
KAPASITAS
PRODUKSI PT AYO ICIP PER- BULAN
No
|
Tanggal
|
Pendapatan
perbulan
|
Penambahan
produksi
|
1
|
31
Desember
|
Rp.656.250
|
100
kebab buah
|
2
|
31
Januari
|
Rp.898.500
|
110
kebab buah
|
3
|
28
Februari
|
Rp.973.500
|
120
kebab buah
|
4
|
31
Maret
|
Rp.1.044.750
|
130
kebab buah
|
5
|
30
April
|
Rp.1.116.000
|
140
kebab buah
|
6
|
31
Mei
|
Rp.1.188.750
|
150
kebab buah
|
PT.
AYO ICIP setiap bulannya mengalami
kenaikkan pendapatan dan menambah kapasitas produksinya 10 kebab buah
perbulannya..
RUANG LINGKUP USAHA
Ruang lingkup usaha Kebab Buah “Ayo Icip” ini kami
rancang dengan sebaik mungkin karena semua itu bisa berpengaruh terhadap
kemajuan perusahaan kami, maka dari itu kami berusaha memberikan rasa yang
menarik dengan menggunakan buah-buahan dan kami berusaha memberikan sesuatu
yang terbaik untuk konsumen.
Kebab buah “Ayo icip” terletak di Jl.Kenari, No.16
Beji-Depok. Kebab buah ini sudah memenuhi persayaratan berdirinya sebuah
perusahaan, karena lokasi tersebut tidak jauh dari pemukiman penduduk dan akses
transportasi menuju lokasi penjualan kebab buah.
10
BAB
IV
ANALISIS
SDM
4.1 Struktur Organisasi
4.2
Analisa Kompetensi SDM
Tingkat
Pendidikan
|
Jumlah
|
SD
|
-
|
SMP
|
-
|
SMA
|
6
|
Bagian / Dept
|
Jumlah
|
CEO
|
1
|
General
Manager
|
1
|
Manager
Marketing
|
2
|
Manager
Produksi
|
2
|
a.
CEO adalah jabatan tertinggi disuatu perusahaan dan mempunyai tugas
untuk memimpin suatu perusahaan dan bertanggung jawab untuk kestabilan
perusahaan.
b.
General Manager adalah manajer yang memiliki tanggung jawab kepada
seluruh bagian / fungsional pada suatu perusahaan atau organisasi.
c.
MARKETING MANAGER adalah memperkenalkan , mempromosikan , suatu
barang/jasa dari perusahaan untuk diperkenalkan kekonsumen melalui secara
langsung, media masa/media cetak.
d.
PRODUCTION MANAGER adalah menciptakan ide-ide kreatif untuk
menciptaka suatu barang/jasa, supaya konsumen dapat menyukai produk dari
perusahaan tersebut.
12
BAB V
ANALISA KEUANGAN
5.1 Modal Usaha
Jumlah
Modal
|
Rp. 558.000,-
|
5.2 Penentuan Harga Pokok Produksi
* Bulan pertama-ketiga
13
Tidak ada komentar:
Posting Komentar